29 August 2011


Memasukkan Iman lebih bererti Didalam Hati

Para insan yang mulia Allah telah menciptakan manusia dengan sebaik-baik ciptaan disana terdapat hati untuk menyimpan baik buruknya pemikiran serta pandangan manusia untuk itu Ibnu Qoyyim rahimahullah berkata :
 Hati manusia dibagi menjadi tiga bagian diantaranya
  • Qolbun Salim yaitu hati yang bersih lagi baik, orang yang memiliki hati ini akan bersegera dalam menyambut seruan Ilahi Robbi tanpa adanya keraguan, mereka dengan mudah mengerjakan kebaikan baik itu ibadah mahdoh maupun sunnah.
  • Qolbun Maridh yaitu hati yang sakit, orang yang memiliki hati ini terkadang berbuat kebaikan juga terkadang berbuat keburukan namun disaat berbuat keburukan ia mengetahui bahwa hal itu adalah keliru dan ia berupaya semaksimal mungkin untuk meninggalkanya.
  • yang terakhir ialah Qolbun Mayyit yaitu hati yang mati dari rahmat ilahi, hati ini dimiliki oleh orang orang kuffar mereka tidak akan mau masuk islam namun adapula orang yang mengku dirinya islam akan tetapi mereka tidak mau melaksanakan islam itu sendiri.
Para insan hanya diri kita yang tau dimana posisi hati kita maka segeralah perbaiki hati itu sebelum ia membeku menjadi mati sehingga tidak mau menerima hidayahNya lagi.
petikan dari

No comments:

Ada baik dibaca juga.....